2012 Doomsday

The Fact of 2012


NASA Bantah isu kiamat 2012 yang diprediksi bahwa bumi akan ditabrak planet ‘Nibiru’ yang sangat menggencarkan dunia dalam film ‘2012’ yang sedang diputar diberbagai bioskop di dunia.

NASA (ational Aeronautics and Space Administration) kualahan mendapat ribuat email yang mempertanyakan kebenaran film tersebut. Sampai pada akhirnya NASA membuat

2012 Doomsday

2012 Doomsday

Disitus tersebut dijelaskan bahwa isu kiamat 2012 dimulai karena planet Nibiru yang ditemukan bangsa Sumeria bergerak ke arah Bumi. Saat mendekat, akan membawa bencana yang sangat besar. Bencana ini akan terjadi pada May 2003 menurut peramal. Tetapi, saat itu tidak terjadi apa-apa sampai akhirnya digeser menjadi Desember 2012.

Agar lebih realistis, cerita planet nibiru ini digabung dengan kisah kalender suku maya yang berakhir pada tahun 2012. Menurut NASA kalender itu tidak berbeda dengan kalender Masehi yang berakhir pada 31 desember dan kembali pada 1 januari. Jadi, kalendder Maya yang berakhir pada tahun 2012 akan memulai lagi pada tanggal 1 nya.

Dalam teori kiamat itu, disebut bahwa posisi bumi, matahari, dan pusat galaksi Bima Sakti dalam satu garis lurus. Menurut Nasa, “Setiap bulan Desember, Bumi dan matahari berada dalam satu garis lurus dengan pusat Galaksi Bima Sakti, dan kejadian yang berulang-ulang tersebut tidak memberi efek apapun.”

Soal planet Nibiru alias Planet X alias Planet Eris yang mendekati bumi dan menciptakan bencana hebat dalam situs tersebut NASA mengatakan “Nibiru yang mendekat itu hanyalah HOAX atau hanya bualan dunia maya (internet), tidak ada dasar fakta yang menjadikan cerita itu layak dipercaya”.

“Jika Nibiru atau Planet X itu nyata dan benar-benar bergerak menuju Bumi dan mendekat pada tahun 2012, astronom akan bisa melacak setidaknya sejak 10 tahun lalu dan sekarang manusia bisa melihat planet tersebut dengan mata telanjang” ujar NASA.

Satu-satunya yang ada dasar fakta adalah planet ‘ Iris ’. Planet kecil layaknya Pluto dan terus bergerak di orbit luar bumi dan tidak akan mendekati bumi.

Soal tentang Poros Bumi yang akan berpindah/berbalik arah. Menurut NASA, itu tidak mungkin terjadi, tidak ada dasar fisika manapun yang menjadi alasan rotasi bumi berbalik arah. (Soal dalam agama matahari terbit dari barat tidak ada hubungannya dengan ini).

Bumi akan dihantam Komet / Asteroid raksasa memang mungkin terjadi. Tapi tidak pada tahun 2012 karena pada tahun itu, tidak ada tanda-tanda bahwa akan ada benda besar yang akan menghantam bumi. Jika pun ada, seluruh umat manusia saat ini telah bisa melihat benda besar tersebut dengan mata telanjang.

Tabrakan besar benda langit yang pernah membuat punah dinosaurus 65 juta tahun lalu. Menurut NASA ia telah mengamati jika ada benda langit berbahaya. “KAMI SUDAH MEMASTIKAN TIDAK ADA ASTEROID BERBAHAYA SEBESAR 65 JT TAHUN SILAM.” Ujar NASA.

NASA juga mengungkapkan soal badai matahari pada tahun 2012 bahwa setiap 11 tahun akan ada badai matahari besar dan kadang menyebabkan satelit-satelit terganggu. “Tidak ada resiko terkait tahun 2012 pada umat manusia”. Ujar NASA. Badai matahari akan terjadi pada tahun 2012 s/d 2014 tidak berbeda dengan badai sebelum-sebelumnya.

Setelah sobat iptek mengetahui semua itu, apakah sobat iptek masih percaya dengan Film 2012 yang sedang diputar?

Percayalah pada NASA, yang merupakan institusi terpercaya dunia. Jangan percaya mitos yang tidak didasari fakta-fakta nyata. Anggaplah film 2012 hanya sebagai film sci-fi seperti film-film sebelumnya.

Referensi : Tempointeraktif.com ; NASA.gov

2 thoughts on “The Fact of 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s